Nasabah Bank Sampah Sanora Bisa Tukar Sampah dengan Ganti Oli Kendaraan

By Al


nusakini.com - Jakarta - Nasabah Bank Sampah Sanora di Jalan Rusun Kebersihan, RT 12/03, Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, saat ini bisa menukarkan sampah dengan layanan servis dan ganti oli sepeda motor.

Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup, Achmad Hariadi mengatakan, ini adalah inovasi baru yang masih terus disosialisasikan. Selain membantu pemilahan sampah sejak dini, nasabah juga diajak merawat kendaraan agar emisi gas buangnya tetap baik.

"Warga atau nasabah Bank Sampah Sanora tidak perlu bingung dan jauh-jauh mengganti oli. Sebab, dengan tabungan yang ada di bank sampah mereka bisa mendapatkan layanan ganti oli maupun servis ringan kendaraan," ujarnya

Salah seorang petugas bengkel, Dede Yusuf menuturkan, sejak dibuka hingga kemarin, sudah ada 10 nasabah yang memanfaatkan jasa bengkel menggunakan tabungan mereka di bank sampah.

"Untuk tarif ganti oli sebesar Rp 45 ribu, Sedangkan untuk biaya servis tergantung padahal kerusakan. Biaya ini bisa langsung didebet dari buku tabungan bank sampah mereka," terangnya

Sementara itu, salah seorang nasabah Bank Sampah Sanora, Andre mengaku, adanya inovasi ini sangat merasa membantu.

"Bisa ikut mengatasi persoalan Sampah sekaligus juga bisa merawat kendaraan dengan mudah. Cukup bayar pakai sampah yang sudah tidak kita gunakan," tandasnya.